Jumat, 17 Februari 2012

Uban, Mekanisme Tubuh Menolak Kanker


Uban, Mekanisme Tubuh Menolak Kanker
Prof. Emi Nishimura dari Universitas Kanazawa Ishikawa, Jepang, dalam risetnya membukakan hipotesa baru yakni kemungkinan besar pertumbuhan uban sebenarnya merupakan sebuah mekanisme tubuh guna melindungi mahluk hidup yang berangsur tua terhadap ancaman timbulnya kanker.
Prof Nishimura menelaah proses radiasi ionisasi serta zat-zat kimia yang berperanan atas kerusakan DNA pada sel tunas inti yang dikenal sebagai “MSC” (melanocyte stem cells) dengan obyek eksperimen yakni tikus. Terhadap tikus-tikus percobaan secara sengaja dilakukan proses paparan radiasi / ionisasi serta reaksi kimiawi yang berbahaya yang semuanya ternyata mendapatkan hasil yang sama bahwa bulu-bulu tikus berubah menjadi beruban. Para peneliti lebih lanjut menyelidik mekanisme sel yang terjadi dalam tingkat yang lebih mendalam yakni telaah atas stem cells yang terkonsentrasi pada sel folikel yang terdapat pada pangkal akar rambut tempat tumbuhnya setiap helai rambut.



Tikus yang beruban bulunya sesaat setelah diradiasi
David Fisher, Ketua Jurusan Department of Dermatology RS Massachusetts General Hospital, yang juga Peneliti penyakit kaker dari Harvard Medical School, AS menguatkan temuan ini seraya mengimbuhkan, bahwa sel folikel rambut terdapat jauh berada di lapisan dalam kulit tubuh manusia, hingga kecil kemungkinan gangguan serupa radiasi ultra-violet seperti dalam sinar matahari akan secara langsung mempengaruhi keadaan kerusakkan DNA pada sel folikel rambut. Oleh karenanya keadaan MSC terdiferensiasi boleh jadi merupakan suatu mekanisme pertahanan mahluk hidup yang juga berlaku pada manusia. Dan mengingat bahwa kerusakkan pada DNA pada gilirannya akan menjadikan sel menjadi kanker maka dapat diterima kesimpulan bahwa pertumbuhan uban merupakan salah satu cara mekanisme tubuh guna menolak ancaman bahaya timbulnya kanker.
Sumber: http://erabaru.net/iptek/55-iptek/3888-uban-mekanisme-tubuh-menolak-kankerMarch 23, 2011   ˜

Tidak ada komentar:

Posting Komentar