Sabtu, 18 Februari 2012

Cara Mudah Punya Rambut Indah


SEBAGAI mahkota wanita, rambut perlu dijaga kesehatan dan keindahannya. Namun ada kalanya, karena terburu waktu, tatanan rambut sering kurang mendapat perhatian. Sebenarnya, tak perlu waktu lama untuk menatanya jika kita melakukan perawatan rutin terhadap rambut kita, apapun jenisnya.


Berikut beberapa tips untuk menghindari bad-hair-day yang Wanita CyberNews rangkumkan untuk Anda.

Pertama, pilihlah produk perawatan rambut terbaik yang sesuai dengan jenis rambut. Pilihlah produk perawatan rambut terpecaya, yang formulanya terbukti baik.

Untuk rambut yang kering, atau sedikit rusak karena seringnya terpapar sinar matahari, pendingin ruangan, pewarnaan atau penggunaan bahan kimia lain, pilihlah produk pencuci rambut berjenis ph-balanced mild, atau yang memiliki nutrisi dan kaya bahan pelembab (moisturizing). Sebaliknya, produk perawatan berjenis “deep cleansing” baik ditujukan untuk rambut berminyak.

Untuk menjaga kelembapan helai rambut, ada baiknya selalu gunakan conditioner. Tak lupa takar dan bilas dengan bersih penggunaan conditioner, supaya rambut tidak nampak lepek setelah diaplikasikan.

Kemudian dalam mengeringkan rambut, tepuk dengan halus rambut dengan handuk bersih. Hindari menggosok rambut yang basah dengan handuk.

Selalu gunakan sisir bergigi jarang saat menyisir rambut yang basah, untuk menghindari rambut rontok dan patah. Caranya, tarik helai rambut menjauh dari kulit kepala sambik dikeringkan dengan hairdryer. Sebaiknya kurangi penggunaan pengering rambut yang terlalu panas, atau dari jarak yang terlalu dekat. Sebab paparan panas pengering rambut yang terlalu lama dan sering dapat merusak batang rambut.

Perhatikan karakteristik rambut saat akan mencoba tatanan model baru. Baik juga memotong rambut setiap 6 hingga 8 bulan sekali, untuk menjaga agar rambut nampak sehat serta mencegah kerusakan semakin jauh. Ada baiknya juga berkonsultasi seputar perawatan rambut dengan pemilik salon langgganan, seputar bagaimana perawatan sehari-hari yang baik untuk jenis rambut kita.

Dalam merawat rambut, ada beberapa hal yang perlu kita hindari:

1. Hindari memotong rambut sendiri, jika hasilnya mungkin akan mengecewakan. Kemudian pilihlah potongan rambut yang sesuai dengan selera kita, sebab tak baik juga memaksakan model rambut yang meski sedang “in” tapi tak nyaman bagi kita.

2. Untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya kita hindari menggunakan lebih dari satu perawatan kimia bagi rambut, pilihlah salah satu, misalnya: pewarnaan rambut, atau pengeritingan rambut.

3. Penggunaan terlalu banyak produk penata rambut juga perlu sebaiknya tidak dilakukan. Sebab terlalu banyak tambahan zat kimia pada helai rambut akan membuatnya nampak lepek dan sulit diatur. Sebaiknya pilih model rambut yang tidak membutuhkan terlalu banyak sentuhan bahan kimia untuk menatanya. Gunakan spray atau penstabil bentuk rambut lainnya untuk acara tertentu saja.

Ada baiknya agar tidak terburu waktu saat akan beraktivitas di pagi hari, kita luangkan waktu pada sore dan malam hari untuk mencuci dan memberi perawatan seperlunya. Dijamin, pada esok hari, rambut nampak dalam kondisi terbaik. Let’s make our bad hair day go away…

Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/wanita/2011/07/29/1141/Cara-Mudah-Punya-Rambut-Indah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar